Makanan

RESEP AYAM GORENG 


Sedang mencari resep ayam goreng lengkuas yang enak dan gurih

yang enak dan gurih? Lauk yang sangat menggiurkan ini merupakan variasi dari ayam goreng bumbu kuning yang ditambahkan dengan lengkuas parut. Bumbu rimpang ini diparut supaya saat digoreng serabutnya menjadi garing sekaligus gurih. Inilah yang bikin ayam goreng lengkuas punya banyak penggemar.

Untuk membuat resep ayam goreng lengkuas enak dan gurih, kamu bisa menggunakan jenis ayam kampung atau ayam broiler. Sebelum dibumbui, lumuri terlebih dahulu daging ayam dengan air jeruk nipis untuk menyamarkan aroma anyir sekaligus membuat dagingnya terasa segar saat dimasak.

 

Kemudian marinasi daging ayam dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, gula, dan garam. Tambahkan lengkuas dan air asam jawa. Kamu juga bisa melakukan proses marinasi ini dalam kulkas hingga semalaman agar daging ayam lebih menyerap bumbu. Jangan lupa untuk menyimpan wadah ayam berbumbu ini lengkap dengan tutup wadah yang kedap udara agar aroma bahan makanan lain dalam kulkas tak tercampur.

Setelahnya, rebus ayam bersama berbagai bumbu serta Royco Kaldu Ayam. Setelah matang merata, maka ayam siap untuk digoreng. Secara sendirinya, ayam goreng ini sudah memiliki cita rasa lengkuas. Namun tidak hanya di situ saja, teman-teman. Sisa bumbu halus tadi masih bisa dimanfaatkan. Cukup digoreng sejenak saja, maka jadilah semacam serundeng lainnya namun terbuat khususnya dari lengkuas.

Supaya mantap, sajikan bersama sambal yang cocok dengan ayam goreng lengkuas. Misalnya sambal terasi, sambal bajak, sambal bawang, atau sambal dadak. Jangan lupa selalu siapkan  cocolan Bango Kecap Manis di meja saji. Yuk, coba praktikkan cara membuat ayam goreng lengkuas enak dan gurih ini untuk weekend nanti!

 BAHAN

1. 800 gram daging ayam tanpa kulit ,potong delapan bagian

2. 125 gram lengkuas ,parut kasar

3. 1 sdm air asam jawa

4. 500 ml air

5. 3 lembar daun salam 

6. 2 batang serai

7. 1 royco kaldu ayam

8. 3 sdm minyak, untuk menumis 

9. 5 ml minyak 


Bumbu halus

8
butir bawang merah
5
siung bawang putih
5
butir kemiri, sangrai
1
sdm kunyit bubuk
1
sdt ketumbar bubuk
1
sdt gula pasir
1
sdt garam

Komentar